Dukkanku.com – Tapi tunggu dulu sobat dukkanku, sebelum kita berbicara tips mendapatkan malam lailatul qadar alangkah baiknya kita berkenalan dulu dengan lailatul qadar itu sendiri, supaya bisa lebih memaknai dan lebih menghadirkan semangat untuk menggapai keutamaan lailatul qadar serta membuat kita lebih fokus dalam amalan-amalan yang bisa menyampaikan kita pada kemuliaan malam lailatul qadar ini. Karena barang siapa yang terhalang dari mendapatkan lailatul qadar, seolah dia luput dari semua kebaikan. Maka seyogyanya bagi seorang muslim untuk selalu rakus dan bersungguh-sungguh untuk mendapatkan keutamaan lailatul qadar ini. Ok, langsung saja simak baik-baik ulasan di bawah ini ya…

Dinamakan lailatul qadar, karena pada malam itu Allah menurunkan para malaikat untuk mengatur urusan yang telah ditetapkan dan diatur oleh-Nya pada tahun tersebut. Juga bermakna malam kemuliaan karena memang malam ini memiliki keistimewaan yang berbeda dengan malam-malam lainnya.

Keutamaan Lailatul Qadar

Yaps, sobat dukkanku telah banyak ulama dan asatidzah yang membahas keutamaan lailatul qadar ini. Tapi tidak ada salahnya kita tuliskan ulang supaya menjadi pengikat ilmu kan. Lalu apa saja keutamaannya?

1. Allah menurunkan Al Quran pada malam ini. Sebagaimana firman-Nya:

إِنَّا أَنْزَلْنَاهُ فِي لَيْلَةِ القَدْرِ وَمَا أَدْرَاكَ مَا لَيْلَةُ القَدْرِ لَيْلَةُ القَدْرِ خَيْرٌ مِنْ أَلْفِ شَهْرٍ تَنَزَّلُ المــَلاَئِكَةُ وَالرُّوْحُ فِيْهَا بِإِذْنِ رَبِّهِمْ مِنْ كُلِّ أَمْرٍ سَلَامٌ هِيَ حَتَّي مَطْلَعِ الفَجْرِ

“Sesungguhnya Kami telah menurunkannya (Al Quran) pada malam qadar. Dan tahukah kamu apakah malam kemuliaan itu? Malam kemuliaan itu lebih baik daripada seribu bulan. Pada malam itu turun para malaikat dan ruh (jibril) dengan izin Rabb-nya untuk mengatur semua urusan. Sejahteralah (malam itu) sampai terbit fajar.” (QS. Al Qadr [97]: 1-5)

Dalam ayat yang lain Allah berfirman:

إِنَّا أَنْزَلْنَاهُ فِي لَيْلَةٍ مُبَارَكَةٍ إِنَّا كُنَّا مُنْذِرِيْنَ

“Sesungguhnya Kami menurunkannya (Al Quran) pada malam yang diberkahi. Sungguh, Kamilah yang memberi peringatan.” (QS. Ad Dukhan [44]: 3)

2. Allah memuliakan lailatul qadar dan secara tegas menunjukkan kemuliaan tersebut dengan menyitirnya dalam sebuah kalimat tanya melalui firman-Nya:

وَمَا أَدْرَاكَ مَا لَيْلَةُ القَدْرِ

“Dan tahukah kamu apakah malam kemuliaan itu?” (QS. Al Qadar [97]: 2)

3. Lailatul qadar adalah sebuah malam yang kebaikannya dilipat gandakan. Ibadah yang dilakukan pada lailatul qadar itu lebih baik daripada ibadah yang dikerjakan dalam seribu bulan yang pada bulan-bulan tersebut tidak terdapat lailatul qadar. Lebih dari 1000 bulan ya sob bukan sama dengan 1000 bulan sebagaimana banyak disalah fahami oleh kebanyakan manusia.

4. Para malaikat turun pada lailatul qadar. Untuk apa mereka turun ke langit dunia? Sebagian ulama ada yang mengatakan para malaikat turun dengan membawa rahmat, barakah dan ketenangan (sakinah). Adapula yang berpendapat mereka turun dengan membawa berbagai urusan yang telah ditetapkan dan diatur oleh Allah pada tahun tersebut (qadla’ dan qadar tahunan). Sebagaimana firman-Nya:

فِيْهَا يُفْرَقُ كُلُّ أَمْرٍ حَكِيْمٍ أَمْرًا مِنْ عِنْدِنَا إِنَّا كُنَّا مُرْسِلِيْنَ.

“Pada malam itu dijelaskan segala urusan yang penuh hikmah. (yaitu) urusan dari sisi Kami. Sungguh Kamilah yang mengutus (para rasul).” (QS. Ad Dukhan [44]: 4-5)

5. Rasa aman dan damai akan dirasakan pada malam tersebut oleh orang-orang yang beriman.

6. Diampuninya segala kesalahan. Sebagaimana sabda Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam:

وَمَنْ قَامَ لَيْلَةَ القَدْرِ إِيْمَاناً وَاحْتِسَاباً غُفِرَ لَهُ مَا تَقَدَّمَ مِنْ ذَنْبِهِ.

“Dan barang siapa yang bangun (beribadah) pada lailatul qadar karena iman dan mengharap (pahala), niscaya diampuni segala dosanya yang telah lalu.” (HR. Bukhari No. 2014 dan Muslim No. 759 – shahih)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

X